Tips Menciptakan Ruang Tamu Yang Sederhana, Nyaman, dan Tidak Boros Biaya

posted in: Interior | 0

Ikon rumah yang paling disoroti adalah ruang tamu di mana ruang ini biasanya menjadi ruang yang paling pertama dimasuki dan tempat utama komunikasi dengan tamu dan juga menjadi tempat berkumpul bersama keluarga. Intensitas penghuni di ruang tamu yang tinggi membuat ruang tamu harus didesain dengan serius dan hati-hati. Tetapi ada banyak kesalahkaprahan yang sering terjadi dalam mendesain ruang tamu, seperti menyediakan ruang yang terlalu luas dan properti yang terlalu mahal tanpa memperhatikan kombinasi warna dan tata letak. Kasus seperti itu memberi kesan yang terlalu boros biaya tapi tidak mencapai kenyaman dalam ruang. Solusi ruang tamu yang ideal adalah ruang tamu sederhana, nyaman, dan tidak boros biaya.

Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Memiliki Desain Ruang Tamu Sederhana dan Murah

  1. Penataan cahaya

    Cahaya dalam ruang berdampak sangat signifikan bagi kenyamanan penghuni. Cahaya yang ditata di ruang tamu dapat berupa cahaya lampu atau akan lebih baik cahaya alami dari matahari (pada siang hari). Jika menggunakan cahaya lampu baik siang maupun malam, maka pilihlah warna yang terang, karena warna terang akan memberi kesan segar dan luas. Selain berfungsi untuk menciptakan persepsi segar dan luas, cahaya dalam ruang juga berfungsi untuk menciptakan mood, keindahan dan menjadi pemisah dengan ruang lainnya jika tidak ada batas jelas oleh dinding antara ruang tamu dan ruang lainnya.

  2. Luas ruang tamu

    Luas ruang tamu akan berpengaruh terhadap daya tampung dan mobilitas penghuni. Minimal luas ruang tamu adalah 3×3 m=9 m atau bisa lebih luas dengan mempertimbangkan jumlah tamu yang biasa hadir. Namun dalam menentukan luas ruang tamu haruslah berhati-hati karena jika terlalu sempit akan terkesan sesak dan terlalu luas akan terkesan hampa.

  3. Warna ruang

    Sama halnya seperti pencahayaan, warna ruang juga berpengaruh terhadap kesan sempit dan luas. Maka direkomendasikan untuk ruang tamu, apalagi luas minimalis untuk menggunakan warna cat yang cerah. Beberapa warna yang bisa digunakan untuk ruang tamu adalah warna pastel, serba putih, hujau tosca, olive, dan warna kuning.
    Warna ruang

  4. Properti

    Untuk menciptakan desain ruang tamu minimalis dan murah properti adalah bagian paling penting dalam menentukkan suasana ruang tamu. Dalam memilih sofa, pilihlah sofa yang selaras dengan warna ruang dengan harga pasaran yang murah sekitar 1-1,5 jt. Selain itu dalam memilih properti sekunder seperti bunga, hiasan dinding, dan lain sebagainya, homemade bisa menjadi solusinya.
    Misalnya dalam memajang foto, cetaklah foto keluarga maupun gambar lain lalu buat sendiri bingkai dari kertas maupun kayu yang selaras dengan warna ruang lalu ditata dengan elegan. Begitu pula dengan bunga atau properti lain yang bahan dasarnya bisa didapatkan dengan mudah dan murah lalu mengandalkan kreatifitas untuk mengubah benda-benda itu menjadi properti yang enak dipandang dan membuat suasana ruang tamu menjadi nyaman.

Selain beberapa poin di atas, yang tidak boleh dilupakan adalah mengkombinasikan ke empat poin tersebut. Baik cahaya, luas, warna maupun properti memiliki keterhubungan dan ketergantungan satu sama lain sehingga mendesain pun tidak bisa memisahkan masing-masing poin. Di era modern seperti sekarang, mendesain ruangan tidaklah butuh biaya yang tinggi tetapi lebih membutuhkan ide dan kreatifitas untuk mengubah benda-benda yang ada untuk memberi kenyamanan di ruangan.