Selesaikan Menulis Lalu Edit, Kunci Menulis Cepat

posted in: Blog | 0

Ada pelajaran dari para jasa copywriting yang harusnya para penulis pemula tahu, bahwa kegiatan menulis akan lebih mudah terselesaikan bila tidak dilakukan sambil mengedit. Hal ini memang terbukti benar adanya. Bahwa dengan menyelesaikan menulis terlebih dahulu, waktu yang dibutuhkan tidak lama dan hasilnya pun memuaskan. Mengapa demikian? Berikut alasannya.

Menulis

Pemahaman Tentang Menulis dan Mengedit

Meski satu sama lain berhubungan, namun menulis dan mengedit merupakan dua aktivitas yang berbeda. Menulis adalah kegiatan menuangkan ide dalam pikiran ke dalam bentuk tulisan. Apa yang ada dalam pikiran tentu bentuknya abstrak. Nah, kegiatan menulis inilah bisa dibilang kegiatan kita menerjemahkan hal yang abstrak tersebut. Beda halnya dengan mengedit.

Aktivitas ini tidak akan bisa dimulai bila kita belum menulis. Bila dibuat tahapannya, maka mengedit berada dalam tahap kedua setelah tahap menulis. Mengedit berupa aktivitas mengoreksi tulisan kembali, apakah susunan paragrafnya sesuai, apakah ada typo, apakah ide sudah tersampaikan dalam kontennya, apakah diksi sudah sesuai dengan kaidah kepenulisan, dan lain sebagainya. Pemahaman antara menulis dan mengedit ini bukan hanya perlu dimiliki oleh jasa copywriting, tapi bagi semua yang bergelut dalam bidang kepenulisan.

Fokus pada Dua Hal yang Berbeda Butuh Waktu yang Lama

Karena menulis dan mengedit merupakan aktivitas yang berbeda, maka bila seseorang atau jasa copywriting landing page melakukannya dalam waktu yang bersamaan akan membutuhkan waktu yang lama. Bahkan, hasilnya cenderung tidak maksimal. Kedua aktivitas ini bisa diperumpakan seperti menyapu dan mengepel. Tentu keduanya akan sulit dilakukan secara bersamaan, bukan?

Sama halnya dengan menulis dan mengedit. Satu persatu harus dilakukan terlebih dahulu. Fokus terhadap menulis terlebih dahulu adalah solusinya. Dengan demikian, pikiran kita akan fokus pada apa yang kita tulis. Setelah selesai semua, barulah tahapan mengedit dimulai.

Melalui penjelasan yang didapat dari jasa copywriting tersebut, tentunya membawa ilmu baru kita dalam bidang kepenulisan. Maka mulai sekarang, jangan memfokuskan pikiran pada dua hal yang berbeda ketika menulis. Mulailah menulis terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan mengedit. Selamat menulis!