Pengertian dan Jenis Percetakan Paling Umum Digunakan

posted in: advertising | 0

Tali-lanyard.com – Mungkin percetakan merupakan hal yang sudah tidak asing lagi di telinga masayarakat, apalagi produk dari percetakan sudah menjadi teman sehari-hari dalam kehidupan baik melalui surat kabar, majalah, buku referensi, baju, baliho hingga tali lanyard. Percetakan saat ini bahkan sudah merambah ke media yang luas yaitu dengan media yang tidak selalu datar. Lalu apa pengertian percetakan itu sendiri?

Pengertian dan Jenis Percetakan Paling Umum Digunakan

Pengertian Percetakan

Percetakan adalah suatu proses industri yang pekerjaannya memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama menggunakan media tinta  di atas kertas dengan dibantu oleh sebuah mesin cetak. Percetakan menjadi bagian yang sangat penting dalam dunia penerbitan dan percetakan jenis transaksi.

Adapun teknik yang biasa dilakukan dalam percetakan adalah teknik offset, teknik relied, teknik sablon, teknik rotogravure, hingga percetakan yang baru-baru ini banyak digunakan yaitu teknik percetakan digital seperti inkjet, pita jarum hingga laser, contohnya mencetak tali lanyard dengan desain tertentu yang kemudian didistribusikan pada jasa jual lanyard satuan. Ada pula jenis teknik cetak yang disebut cetak poly di mana hasil dari percetakannya dapat memberikan kesan emas dan perak di atas permukaan dan teknik cetak emboss yang mampu memberikan kesan menonjol pada permukaan kertas.

Jenis Percetakan Paling Umum Digunakan

Ada dua jenis percetakan yang paling umum digunakan, yaitu digital printing dan offset printing:

1. Digital printing

Percetakan ini merupakan metode percetakan yang menggunakan desain dengan format warna CYMK atau gambar yang tersedia kemudian dicetack sesuai dengan gambar pada media yang telah ditentukan. Contoh dari produk digital printing adalah baliho, banner, tali lanyard yang biasa ada di jasa jual lanyard satuan dengan desain tertentu, poster, stiker dan masih banyak lagi.

2. Offset printing

Teknik percetakan ini merupakan teknik yang mencetak suatu gambar atau tulisan dengan tinta basah yang untuk mendapatkan hasilnya harus menunggu hingga tinta kering terlebih dahulu. Teknik ini merupakan teknik yang termasuk ke dalam teknik konvensional di mana gambar/tulisan yang akan dicetak harus terlebih dahulu ditransfer ke plat lalu kemudian ditransfer lagi ke lapisan karet barulah bisa dicetak. Walaupun terdengar konvensional, teknik percetakan ini sangat cocok untuk mencetak dalam skala besar.