Penerapan ISO Untuk Pengawasan Lingkungan Sekitar Tempat Produksi

posted in: Service | 0
Penerapan ISO Untuk Pengawasan Lingkungan Sekitar Tempat Produksi

Seberapa penting sebuah perusahaan menerapkan ISO untuk mengawasi kinerjanya? Pastinya sangat penting menerapkan sistem standart Internasional agar mutu terjamin dan tidak mengecewakan konsumen. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa menjelaskan sedikit tentang jasa sertifikasi ISO. Semoga bermanfaat bagi siapapun yang membaca artikel kali ini.

Durasi Waktu Penerapan ISO di Sebuah Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki ketentuan sendiri-sendiri, satu dengan lainnya berbeda-beda aturannya. Tetapi garis besarnya bisa dipresiksi berdasarkan waktu yang dibutuhkan dalam penerapan ISO

  1. Untuk perusahaan dengan sekala kecil yang memiliki karyawan antara 25 – 50 orang menerapkan standart ISO 6 sampai 8 bulan.
  2. Perusahaan skala sedang dengan jumlah karyawan 100 – 500 orang, perlu menerapkan ISO antara 8 – 12 bulan atau 1 tahun.
  3. Sedangkan untuk perusahaan berskala besar yang memelihara lebih dari 500 karyawan, harus menerapkan ISO selama 12 -15 bulan.

Melakukan Pengawasan Ketat Kepada Menejemen Lingkungan

Kini negara kita sudah mulai menerapkan kepedulian terhadap lingkungan. Salah satunya dengan mengatasi pencemaran limbah pabrik terhadap lingkungan warga sekitar. Keberadaan ISO untuk membantu pengawasan terhadap instrument pengelolaan lingkungan sekitar tempat produksi. Menejemen lingkungan harus dilakukan secara terencana, terjadwal dan dikerjakan dengan dengan penuh tanggung jawab agar tidak merugikan warga sekitar.

Penerapan ISO 14001

Pengawasan yang dilakukan untuk mengeluarkan sertifikat ISO 14001 agar perusahaan memenuhi syarat kualitatif dan kuantitatif untuk tetap menjaga lingkungan agar tetap sehat dan tidak tercemar. Beberapa manfaat dirasakan, yakni adanya pengurangan tingkat pencemaran yang terjadi pada lingkungan sekitar. Selain itu peningkatan produksi dilakukan dengan cara yang lebih efisien sehingga menambah kinerja manajemen maupun SDM lainnya.

Disisi lain konsumen juga akan merasa puas karena hasil produksi yang di jual di pasaran sangat baik. Dengan bergitu konsumen merasa terpuaskan dengan produk yang sudah diluncurkan dan hal ini besar pengaruh untuk meningkatkan omset penjualan. Pada akhirnya, perusahaan yang akan untung karena daya beli masyarakat terhadap produk yang telah dikeluarkan cukup tinggi akibat pengawasan yang ketat dari ISO mampu menghasilkan barang dengan kualitas maksimal.