Mengetahui Langkah Persiapan Pada Pengaplikasian Waterproofing

posted in: Teknik | 0

waterproofing-coating

Masalah kebocoran menjadi sebuah persoalan yang tiada hentinya menghantui para pemilik gedung. Persoalan ini terjadi berasal dari rembesan air yang terjadi akibat tidak adanya kemampuan kedap air pada beton. Apalagi pada bagian dak atap masalah ini sering kali ditemukan sebagai imbas dari air hujan yang membasahi bahkan menggenangi permukaannya. Satu – satunya alternatif untuk mengatasi persoalan ini adalah dengan membentuk waterproofing coating atau lapisan tahan air.

Metode waterproofing sendiri secara umum terbagi menjadi beraneka macam cara. Ada yang diaplikasikan dengan cara menambahkan lapisan baru seperti tektik coating dan membrane bakar, ada juga yang dilakukan dengan memperbaiki struktur beton dan menambahkan bahan tambahan khsusu ke dalam adukan.

 

Waterproofing Coating Paling Diminati

Dengan mengesampingkan keberadaan banyaknya metode waterproofing mari kita bahas saja salah satu yang paling populer di kalangan masyarakat kita, yakni metode coating. Dengan cara ini pemilik gedung bisa mendapati gedungnya menjadi anti rembesan air. Bahkan kondisi curah air hujan yang ekstrim pun tidak dapat menembusnya. Di sisi lain untuk bisa mengaplikasikannya pada gedung pun biaya yang perlu dikeluarkan relatif terjangkau jika dibandingkan metode lainnya.

 

Langkah Persiapan Pada Pengaplikasian Waterproofing Coating

Kami yakin anda yang sangat awam terkait persoalan konstruksi belum cukup familiar dengan jenis pekerjaan ini. Sekedar sebagai gambaran anda berikut secara ringkas akan kami jelaskan tahapan kerja yang dilalui pada metode ini.

Pada langkah yang kami bagikan disini adalah serangkaian pekerjaan mendasar akan mengawali proses pembuatan waterproofing. Adapun yang perlu dilakukan antara lain adalah:

  • Menyusun gambar kerja

Seperti proyek – proyek konstruksi pada umumnya sebelum pekerjaan waterproofing dimulai lebih dulu pihak pemilik proyek dan pihak kontraktor bersama – sama mendiskusikan gambar kerja. Gambar kerja sendiri adalah sebuah gambar rancangan dari hasil kerja yang diharapkan. Dengan begitu pekerja nantinya bisa bekerja secara teratur dan terjadwal.

 

  • Menyepakati material yang akan dipakai

Selanjutnya melalui gambar kerja, pemilik proyek dan pihak kontraktor mulai bisa membicarakan tentang material – material yang layak digunakan. Disini pihak kontraktor dapat menawarkan sejumlah material yang menurut pertimbangan mereka cocok. Tahap ini harus berakhir dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

 

  • Mempersiapkan area kerja

Area kerja yang dimaksud disini adalah tempat atau permukaan yang akan dibuat waterproofing coating. Pekerjaan – pekerjaan dalam tahap ini antara lain adalah mengecek kualias permukaan beton, meperbaiki sektor yang rusak, membersihkan area kerja, hingga merapikan segala hal yang dapat mengganggu pelaksanaan proyek.

 

  • Pengadaan alat dan bahan

Langkah terakhir di tahap persiapan adalah melakukan pengadaan untuk seluruh alat dan bahan yang nantinya diperlukan pada pembuatan lapisan kedap air.

Itu dia langkah – langkah persiapan yang wajib dilakukan pada tahap persiapan proyek waterproofing.