Melatih Keterampilan Motorik Sang Anak

posted in: Kids | 0

melatih-keterampilan-motorik-sang-anak

Taman bermain anak adalah salah satu tempat terbaik untuk melatih keterampilan motorik pada anak-anak. Ketika anak-anak berada di dalam ruangan, ruangan yang terbatas mungkin tidak dapat melatih keterampilan motoriknya untuk mengasah kemampuan, keterampilan dan bakat penuh mereka. Keterampilan motorik yang besar termasuk penggunaan lengan dan kaki untuk berjalan, melompat, berlari, olahraga, dan lain sebagainya. mempraktekkan keterampilan ini dapat membantu anak-anak dalam perkembangan dan pertumbuhan sang anak.

 

Saran untuk kegiatan melatik Aktivitas Motorik:

  1. Bayi

Untuk bayi yang mungkin merangkak, mengajaknya untuk merangkak di rumput playground anak adalah pengalaman sensoris yang besar. Hal ini bertujuan agar anak dapat menyentuh, mencium, melihat, dan mendengar semua hal baru di alam. Jika anak tampak ragu-ragu atau takut dengan rumput, Anda dapat menempatkannya di atas tikar atau selimut lembut. Untuk bayi yang sedang mengalami masa transisi untuk berjalan, Anda dapat memandu mereka di sekitar taman bermain dengan bantuan memegang tangannya.

 

  1. Balita

Mainkan game “Do What I Do”. Instruksikan anak untuk meniru tindakan Anda dan cobalah salah satu atau semua gerakan dibawah ini:

  • Berjalan di tempat
  • Melompat
  • Memutar
  • Meraih langit
  • Sentuh jari-jari kaki Anda

 

  1. Anak sebelum sekolah

Berikan kreatifitas pada anak:

Gambarlah beberapa bentuk campuran lingkaran, kotak, dan hati (atau bentuk apa pun yang diinginkan sang anak) dengan kapur di tanah. Pastikan gambar tesebut cukup besar agar anak-anak dapat berdiri diatas gambar tersebut. Beri tahukan kepada anak-anak bahwa ketika Anda mengatakan “GO!” Mereka harus berjalan / berlari-lari sampai Anda mengatakan “STOP!”. Ketika Anda mengatakan “STOP!”, Setiap anak harus berlari dan berdiri di atas gambar tersebut. Berikan instruksi pada anak-anak di setiap bentuk gambar untuk melatih keterampilan motoriknya.

Contohnya, beri instruksi kepada anak-anak agar berdiri di atasa bentuk gambar yang sesuai dengan instruksi yang diberikan:

  • Lingkaran untuk berjalan di atas gambar lingkaran
  • Kotak untuk melompat di atas gambar kotak
  • Hati untuk berjalan di atas gambar hati

 

Jangan ragu untuk menggabungkan keterampilan apa pun yang menurut Anda dapat mengembangkan tumbuh kembangnya sang anak dan akan membuat mereka memiliki keterampilan motorik yang mumpuni!