Ketahuilah Sejumlah Kelebihan Pasir Sungai Yang Membuatnya Menjadi Primadona

posted in: konstruksi | 0

Kelebihan Pasir Sungai – Bersama semen dan split, pasir merupakan salah satu bahan adukan yang penting. Kualitas pasir bermacam-macam. Pasir dengan kualitas baik, akan membuat pemadatan dengan vibrator beton lebih mudah dalam mengeluarkan gelembung udara. Sehingga dapat menghasilkan beton yang bagus.

Kelebihan Pasir Sungai

Jenis-jenis Pasir dan Kualitasnya

Saat ini ada lima jenis pasir yang dikenal dalam proses pengecoran. Pasir-pasir tersebut dibedakan berdasarkan tekstur dan juga kualitsnya.

1. Pasir Merah (Pasir Jebrod) : Warnanya merah agak orange. Butirannya besar dan teksturnya kasar. Pasir ini cocok untuk digunakan dalam pengecoran bersama pasir beton. Pasir jebrod dapat menambah daya rekat pada bangunan.

2. Pasir Elod : Pasir jenis ini memiliki warna yang gelap, hitam kelam, walaupun ada juga pasir yang berwarna abu gelap. Warna hitam tersebut dikarenakan masih ada kandungan tanah pada pasir, dan akan terasa saat digenggam. Jika pasir dikepal maka pasir akan menggumpal. Karena adanya kandungan tanahm maka pasir Elod kurang bagus untuk digunakan sebagai material bangunan. Pasir ini digunakan sebagai bahan utama batako. Namun pasir ini dapat dicampur pasir beton untuk campuran plesteran dinding.

3. Pasir Pasang : Jenis pasir ini tidak jauh berbeda dengan jenis pasir elod, dengan tekstur lebih halus dari pasir beton. Pasir ini lebih padat, apabila dikepal pasirnya akan menggumpal dan tidak buyar. Karakternya yang halus namun mudah menggumpal, memuat pasir pasang cocok dijadikan pasir beton, sehingga pasir beton menjadi lebih halus dipakai sebagai plesteran dinding.

4. Pasir Beton : Jenis pasir yang berwarna abu-abu gelap hingga hitam. Butiran pada pasir beton memiliki tingkat kehalusan tinggi. Sehingga saat dipegang akang terasa begitu halus. Namun jika dikepal pasir tidak akan tidak menggumpal dan kembali puyar. Pasir ini sangat cocok digunakan untuk merekatkan batu bata dan batu, pengecoran, memplester dinding, serta pondasi bangunan.

5. Pasir Sungai : Jenis pasir ini diperoleh dari sungai dan besar butirannya cukup baik, yakni sekitar 0,063 mm – 5 mm. Ukurannya yang optimal, membuat pasir sungai dapat digunakan untuk pondasi rumah juga pengecoran.

Kelebihan Pasir Sungai

Dari kelima jenis pasir tersebut, pasir sungai merupakan jenis pasir yang memiliki kualitas paling baik. Selain itu, pasir sungai juga memiliki beberapa kelebihan berikut ini:

1. Ukurannya lebih halus jika dibandingkan dengan ukuran pasir gunung. Sehingga hanya membutuhkan satu kali ayakan saja saat hendak menggunakannya.

2. Penggunaan vibrator beton pada beton dengan kandungan pasir sungai yang strukturnya kecil, akan menghasilkan beton yang lebih padat karena udara lebih mudah dikeluarkan.

3. Karena berada pada aliran sungai, maka berdampak pada kandungan lumpur pada pasir sungai lebih rendah karena sudah mengalami ‘pencucian’ secara alami.

4. Dalam pengaplikasikannya pada proyek konstruksi, pasir sungai membutuhkan semen yang lebih hemat untuk mengikat.

5. Penggunaan semen yang lebih sedikit, juga berdampak pada anggaran yang lebih hemat.

6. Penggunaan pasir sungai, dipercaya dapat menjadikan pondasi bangunan menjadi lebih kuat.