Kekurangan Lantai Vinyl yang Harus Dipertimbangkan

posted in: Interior | 0

Kekurangan Lantai Vinyl yang Harus Dipertimbangkan – Lapisan vinyl pada lantai banyak digunakan karena mampu menambah kesan estetika pada lantai rumah. Pemilik rumah banyak yang puas dengan pemasangan lantai vinyl sebab mereka bisa merasakan nuansa yang berbeda saat sedang di rumah. Begitu pula bagi tamu yang datang, lantai yang berlapis vinyl memberikan kenyamanan yang lebih. Namun, semua jenis lantai vinyl, baik vinyl plank, vinyl roll, maupun vinyl tile, sama-sama memiliki beberapa kekurangan. Oleh karena itu, bila kamu berminat untuk memasang lantai vinyl, pelajari dulu apa saja kekurangan pelapis lantai ini agar tidak salah memilih.

Kekurangan Lantai Vinyl yang Harus Dipertimbangkan

5 Kekurangan Lantai Vinyl

Memang tidak ada satu benda pun yang tidak memiliki kekurangan, termasuk lantai vinyl. Meskupun sudah banyak orang yang memakainya dan merasa puas, tetap saja lantai vinyl mempunya beberapa kelemahan yang tetap harus kamu pertimbangkan. Dengan mengetahui kekurangan lantai viny, kamu bisa berpikir lebih matang saat akan memutuskan menggunakan lantai vinyl. Inilah 5 kekurangan lantai vinyl yang harus kamu ketahui.

1. Bahan PVC Bisa Membahayakan

Semua jenis lantai vinyl, baik vinyl plank, vinyl roll, maupun vinyl tile terbuat dari bahan PVC atau polyvinyl chloride. Bahan PVC dipakai karena dapat membantu meningkatkan daya tahan lantai vinyl terhadap berbagai cuaca dan kondisi. Lantai vinyl bisa awet berkat kandungan PVC di dalamnya. Tapi, sayangnya, PVC dapat mengeluarkan volatile organic compounds (VOC) yang bagi orang-orang sensitif dapat membahayakan. Makanya, beberapa produsen lantai vinyl kini sedang mengembangkan produk yang memiliki kandungan PVC rendah.

2. Butuh Ketelitian Tingkat Tinggi

Saat memasang lantai vinyl, kamu harus benar-benar memperhatikan lapisan pertama yang ada di bawahnya. Pastikan permukaan yang nantinya ditempeli lapisan vinyl sudah kering total. Karena jika masih ditemukan unsur air, kelembaban yang tinggi, atau bahkan kotoran yang menempel dapat membuat daya rekat lantai vinyl menjadi berkurang. Bersihkan dahulu permukaan lantai yang akan dipasang vinyl, kemudian tempelkan secara hati-hati hingga menutupi semua permukaan lantai. Mengapa hal tersebut menjadi kekurangan lantai vinyl? Sebab tidak semua orang bisa teliti saat memasangnya.

3. Sangat Riskan Rusak Bila Terkena Benda Tajam

Lantai vinyl sangat sensitif terhadap benda tajam. Bila terkena benda tajam seperti pisau, gunting, cutter, atau ujung paku, lantai vinyl dapat sobek atau malah berlubang. Maka dari itu, pastikan di atas lantai vinyl tidak ada ancaman benda tajam secara langsung. Jangan pernah coba-coba menggoreskan pisau atau menggunting lantai vinyl. Karena kalau sudah sobek, bagian lainnya akan terpengaruh juga.

4. Jika Rusak, Harus Mengganti Semua Bagian

Inilah mengapa kamu harus benar-benar menjaga agar lantai vinyl tidak rusak. Sebab kalau rusak, menggantinya tidak bisa secara parsial atau di bagian tertentu saja. Kamu harus mengganti seluruh lantai vinyl untuk mendapatkan kondisi ideal seperti semula. Tentu saja risikonya harus mengeluarkan lebih banyak uang lagi untuk membenahinya.

5. Dapat Mengalami Perubahan Warna

Pada lantai vinyl yang berkualitas rendah, ada kemungkinan terjadi perubahan warna menjadi lebih kusam. Bayangkankalau warna sudah kusam, pasti lantai jadi tidak menarik. Akibatnya, bukannya memberikan kenyamana yang lebih, lantai vinyl malah menimbulkan kesan mengganggu suasana dalam rumah. Oleh karena itu, pilihlah lantai vinyl yang mempunyai kualitas terbaik. Konsultasikan dengan orang yang sudah ahli agar tidak salah dalam memilih lantai vinyl.