Berikut Inspirasi Dekorasi Kelas yang Membuat Kondisi Belajar Semakin Asik

posted in: Interior | 0

dekorasi ruang kelas

 

Kelas adalah area dimana anak-anak belajar, berhubungan dengan kawan-kawan mereka, serta berkreatifitas. Di kelas, khususnya untuk anak-anak di usia pra-sekolah, anak-anak didorong untuk selalu berkreasi. Oleh sebab itu, dibutuhkan lingkungan yang dapat memberikan dukungan produktivitas mereka. Mengerjakan dekorasi kelas ialah salah satu langkah membuat lingkungan yang ramah anak.

Yang penting dengan mendekorasi kelas ialah anak-anak juga ikut serta didalamnya. Dengan mendekorasi kelas mereka sendiri, mereka merasa menjadi bagian dari tempat itu serta semakin semangat untuk belajar. Kesempatan ini, kami akan share ide tentang beberapa ide dekorasi kelas yang benar-benar kreatif. Kamu dapat membawa anak-anak atau murid-muridmu untuk mencoba dekorasi kelas di bawah ini!

 

1. Dekor Kelas Bertopik Karnival

Kesan ceria ialah kesan yang sangat ingin ditonjolkan dalam dekorasi kelas. Penyeleksian warna jelas yang menonjol ialah salah satu usaha untuk menghidupkan nuansa ceria. Layaknya kombinasi beberapa warna pada dekorasi kelas bertopik karnival ini, warna yang menguasai ialah beberapa warna jelas seperti merah, biru muda, serta kuning. Uniknya, beberapa warna ini dipadukan dengan warna sekunder yakni warna hitam.

Lewat dekorasi kelas bertopik karnival ini, kelas dirubah menjadi satu area sirkus classic. Ciri design vintage sangat terasa kuat dari penggunaan wallpaper atau wall covering merah bergaris vertikal di sekitar ruangan kelas. Dekorasi berbentuk lentera berwarna biru muda, kuning, serta merah menggantung di atas masing-masing meja di kelas.

Beberapa warna pada lentera diaplikasikan pada boks-boks dibagian ruang penyimpanan. Boks-boks berbentuk container plastik sudah diatur teratur untuk mempermudah beberapa anak mengambil serta menaruh beberapa barang.

Ada gambar humor putar dan tenda sirkus dibagian atas jendela kelas, diiringi dengan bendera-bendera segitiga yang bergantung dari satu jendela ke jendela yang lain. Di bagian samping kelas, ada ruang pantry kecil, dibagian ini, dekor kelas memiliki nuansa karnival makin terasa kental karena dekor berbentuk huruf-huruf tertulis “kafe” yang ditempel pada rak-rak dinding. Sisi pantry akan nampak semakin menarik jika jam dinding ditukar dengan jam dinding unik.

 

2. Dominasi Warna Hitam-Putih untuk Dekorasi Kelas

Ruangan kelas ini adalah ruangan kelas yang mempunyai sarana lengkap, ada ruangan belajar, ruangan bermain serta bergabung, perpustakaan mini, pantry, dan ruang kerja guru. Semua ruangan tersambung tanpa ada penyekat, hingga beberapa anak juga semakin gampang bergerak.

Pada sebelumnya, ruangan kelas ini dibuat dengan dominasi warna hitam serta putih. Dekorasi kelas yang diaplikasikan pada ruangan kelas ini memakai pernak-pernik dekorasi yang berwarna jelas untuk kontras dari warna putih serta hitam.

Pernak-pernik yang dibuat untuk dekor kelas salah satunya ialah bendera segitiga yang diwarnai dengan cat air serta bunga-bunga dari kertas. Ada pula beberapa furniture tambahan warna-warni, yakni sofa empuk serta bangku duduk yang diletakkan di ruang perpustakaan mini. Kamu juga dapat memberikan tambahan rak buku yang dapat dipakai untuk melengkapi perpustakaan mini di ruangan kelasmu.

Kreatifnya ada rumbai-rumbai beragam warna menggantung dibagian depan meja kantor guru. Kamu dapat membuat rumbai-rumbai menggantung itu dari kertas krep serta kertas tisu. Dengan dekor kelas ini, kombinasi beberapa warna ceria ke dalam ruangan yang awalnya monoton betul-betul membuat situasi kelas semakin hidup!

Di pojok kelas, ada ruang berkumpul yang masih tetap kental dengan pemakaian warna hitam serta putih. Dekor kelas yang semarak di sisi ini nampak dari tumpukan lampion yang diatur menggantung berbarengan rantai kertas yang berwarna-warni.

Di sisi dinding serta jendela atas, terpasang kertas karton dengan gambar frame photo yang tertulis nama dari murid-murid di kelas itu. Di dalam frame yang kosong itu, mereka nanti dapat bebas menggambar muka mereka sendiri.

 

3. Ide Kemah pada Dekor Ruang Baca

Supaya anak-anak makin tertarik serta senang lama-lama membaca di ruangan kelas, dekor kelas dengan topik outdoor dapat di aplikasikan pada ruang membaca. Dekor kelas yang ini. Tidak hanya memakai furniture bangku lesehan, sofa, dan karpet bermotif, diletakkan satu tenda kamping yang nyaman. Di atas tenda, terpasang satu dekor berbentuk dua helai daun yang benar-benar lebar, seperti satu pohon teduh yang menaungi tenda itu.

Pada dinding ruang membaca, ada satu papan polkadot yang dihiasi kipas-kipas kertas berwarna hijau. Di papan buletin itu terpasang flyer mengenai ketentuan di ruang membaca. Flyer itu dibuat seolah-olah layaknya satu ketentuan berkemah di tengah hutan.

Satu balon api melengkapi ide dekor kelas ini, seakan-akan seperti ada api unggun di depan tenda kemah itu. Dengan topik yang playful seperti ini, anak-anak akan makin suka memakan banyak waktu di ruang membaca. Disamping itu, ide dekor kelas seperti ini gampang untuk diaplikasikan.

 

4. Membaca Seru di Ruang Perpustakaan Bawah Laut

Tema lain yang dapat dipakai untuk dekor kelas ialah tema perpustakaan bawah laut. Lucu ya, dapat membaca di bawah laut?

Sebab temanya terkait dengan lautan, dominasi warna yang dipakai juga ialah warna biru. Beberapa warna lain, seperti warna ungu, hijau, dan kuning juga dapat menyemarakkan tema bawah laut ini. Beberapa warna ini sebagai wakil vegetasi serta fauna bawah laut.

Pada dekor kelas bertema bawah laut ini, visual laut dibikin dari art paper dengan tiga warna yang berlainan, biru tua, biru muda, serta ungu, lalu dibikin ke-3nya untuk saling menggulung. pada rangkaian gulungan art paper itu ditempelkan boneka-boneka biota bawah laut, seperti ikan, kepiting, dan gurita.

Komponen-komponen dekor kelas lainnya seperti bola pantai, ember berisi hiasan tanaman laut ada juga untuk menyempurnakan tema bawah laut. Tada! anak-anak juga siap membaca sembari menyelam di perpustakaan bawah laut ini.

 

5. Dekor Kelas Bertajuk Mekanik

Yang paling akhir ialah dekor kelas yang bertajuk mekanik. Penampakan warna-warni masih tetap dipertunjukkan pada dekor kelas ini. Perbedaannya, pada dekor kelas ini, banyak pernak-pernik dekornya ialah beberapa alat mekanik, seperti roda bergigi (gear), baut, serta ring.

Untuk hiasan roda bergigi, semua bisa dibikin sendiri memakai kertas lipat serta karton. Bentuk roda bergigi dapat dibikin dengan menggunting kertasnya atau melipat kertasnya layaknya waktu membuat kipas.

Tema dekor kelas seperti ini pas untuk kelas yang mempelajari bangun ruangan, yakni kelas-kelas yang mempunyai beberapa alat peraga atau mainan interaktif seperti lego dan balok. Mainan serta beberapa alat tulis yang ada juga dapat dipakai untuk sisi dari dekor kelas, melalui beberapa warna yang diambil sesuai dengan color palette area serta kotak penyimpanan yang unik.

Sebetulnya dengan mencoba mendekorasi kelas, kamu juga dapat mengendalikan penyimpanan beberapa barang sekaligus. Yang peting, jangan sampai waktu mengaplikasikan ide dekor kelas anak-anak jadi susah fokus sebab dekornya yang begitu meriah.

 

Baca juga : Inspirasi Desain Interior Sekolah

 

Bagaimana, lucu-lucu serta kreatif sekali kan dekor kelas di atas. Dekor kelas yang mana, yang menurutmu dapat kamu coba aplikasikan bersama murid-muridmu di sekolah?