7 Tips Ampuh Mencegah Bopeng Pasca Jerawat

posted in: Tips & Trik | 0

Jerawat menjadi salah satu momok paling menakutkan bagi setiap orang, tidak terkecuali wanita dan pria. Keberadaan jerawat sangat menjengkelkan apalagi kalau meninggalkan bopeng yang susah dihilangkan.

Hal tersebut disebabkan jerawat yang meradang hingga sampai lapisan dalam akan menimbulkan jaringan yang rusak, hal ini yang menyebabkan bopeng ada di wajah. Dan saat bopeng muncul maka menyebabkan permukaan wajah tidak lagi rata, untuk mengembalikan pada kondisi normal cukup sulit dilakukan.

7 Tips dan Trik Ampuh Mengatasi Jerawat Mencegah Bopeng

7 Tips Ampuh Mencegah Bopeng Pasca Jerawat

Sebelum bekas jerawat menjadi bopeng yang menakutkan, sebaiknya lakukan cara menghilangkan bekas jerawat berikut ini :

1. Segera obati sedini mungkin saat jerawat baru muncul

Banyak orang yang menunda pengobatan saat jerawat baru muncul, padahal fase ini harus segera ditangani agar meminimalisir peradangan, dengan begitu akan meminimalisir terjadinya bopeng yang sangat menjengkelkan.

Untuk mengatasi jerawat yang masih dini kamu bisa memilih menggunakan resep dari dokter, bisa juga dengan bahan-bahan alami yang biasa kamu gunakan untuk menyembuhkan jerawat.

2. Rajin mencuci wajah untuk menghindari kulit wajah yang kotor

Mencuci wajah menjadi tradisi setiap hari yang harus dilakukan, jika tidak maka kulit wajah yang kotor bisa menyebabkan jerawat parah yang akan menimbulkan bopeng. Pilih sabun cuci muka yang cocok mengandung benzoil poroksida dan juga sulfur agar bakteri yang ada pada kulit wajah bisa kamu musnahkan secara tuntas.

Cucillah wajah dua kali sehari, setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. Setelah mencuci wajah jangan lupa gunakan handuk yang bersih, handuk yang tidak bersih hanya akan membuat wajah kamu kotor kembali.

3. Stop melakukan eksfoliasi agar jerawat tidak meradang

Jangan lakukan eksfoliasi atau scrubbing saat wajah berjerawat, karena bisa menyebabkan lapisan kulit wajah mengelupas dan menimbulkan luka di jerawat, jika sudah luka maka bisa menimbulkan bopeng yang sulit untuk dihilangkan.

4. Stop facial

Selain dilarang scrubbing dan eksfoliasi kamu juga sangat dilarang melakukan facial. Hal ini disebabkan saat proses facial dilakukan maka komedo dan jerawat nasi akan dipencet dan mengeluarkan semua isinya. Jika jerawat yang mash bengkak dan belum matang akan dipencet, maka hanya akan menimbulkan luka dan akhirnya menghasilkan bopeng.

5. Hindari tangan kamu untuk tidak menyentuh jerawat

Tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang melakukan banyak aktifitas, ketika menyentuh jerawat dengan menggunakan tangan, maka kotoran tangan akan masuk ke permukaan kulit wajah. Hal tersebut mampu menimbulkan infeksi sehingga proses penyembuhan pada jerawat akan berlangsung lama. Bahkan bisa membuat jerawat membekas dan sulit untuk dihilangkan.

6. Gunakan tabir surya

Tabir surya sebenarnya tidak hanya dilakukan saat berjerawat saja, gunakan setiap hari agar kulit wajah terlindungi dari sinar matahari yang sangat berbahaya. Ternyata tabir surya mampu membantu mengatasi bopeng saat berjerawat.

Gunakan secara teratur agar jerawat tidak meradang dan tidak menimbulkan bekas saat terkena sinar matahari. Hal ini disebabkan sinar UV mampu membuat kulit wajah lebih gelap, sehingga bopeng sulit dihilangkan. Pastikan pilih tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

7. Hentikan penggunaan make up

Saat berjerawat sebaiknya hindari terlebih dahulu menggunakan make up, hal tersebut dikarenakan pori-pori wajah akan tersumbat dan mengakibatkan jerawat semakin parah. Kalaupun pekerjaan mengharuskan kamu memakai make up, sebaiknya pakai tipis-tipis saja sesuai kebutuhan.

Bila jerawat yang sedang kamu alami semakin parah dan tidak sembuh-sembuh, sebaiknya segera bawa ke dokter kecantikan. Hal ini lebih baik dilakukan sebelum jerawat kamu terlanjur berubah menjadi bopeng, harga menyembuhkan bopeng lebih mahal dibanding menyembuhkan jerawat.